Apakah Coklat Baik Bagi Wanita Hamil?

Konsumsi coklat hitam saat hamil baik bagi kesehatan.

Coklat bisa bermanfaat bagi wanita hamil tergantung dari jenis coklat yang dikonsumsi. Coklat jenis milk chocolate (coklat yang mengandung susu) tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil karena jenis ini tergolong coklat yang kurang sehat. Beda halnya dengan jenis dark chocolate (coklat hitam), coklat ini tergolong baik untuk kesehatan karena kaya akan antioksidan, multimineral dan multivitamin.

Coklat hitam kaya akan kalsium, kalium, natrium, zat besi, magnesium, vitamin A, B1, C, D, dan E serta berbagai flavanol. Semua kandungan nutrisi ini sangat bermanfaat bagi sang ibu dan janin apabila coklat hitam dikonsumsi tidak berlebihan. Beberapa penelitian tentang coklat telah membuktikan bahwa konsumsi rutin coklat hitam dapat membantu wanita hamil terhindar dari resiko preeklampsia, serangan jantung, kanker, kolesterol tinggi, stres berlebih dan juga membantu melahirkan bayi yang lebih ‘bahagia’.

Kandungan kafein di dalam coklat hitam juga tidak perlu dikhawatirkan karena tidak seperti kopi yang mengandung 90-135 mg kafein, coklat hitam hanya mengandung 5-30 mg. Apalagi kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya dalam coklat mampu menyeimbangkan efek kafein ini.

Namun perlu diperhatikan bahwa manfaat kesehatan ini hanya diperoleh jika Anda mengonsumsi coklat hitam, bukan coklat susu (milk chocolate). Mengonsumsi coklat susu selama masa kehamilan bisa mengakibatkan (tidak selalu) konstipasi dan bayi yang terus bergerak di dalam rahim.

.

Link referensi:

http://www.dailymail.co.uk/health/article-561133/Could-eating-chocolate-save-babys-life.html

http://www.ehow.com/how-does_4569991_can-eat-chocolate-pregnant_.html

PAGE TOP